Jumat, 18 Mei 2012

Cerita Selama Training


Yang namanya training atau yang dikenal dengan sebutan PKL adalah satu kegiatan yang wajib di ikuti para murid SMK untuk mempraktekkan langsung materi sekolah dengan dunia kerja khususnya dalam dunia industry. Sekolah saya yang bernama SMK (SMIP) MAHADHIKA 3 JAKARTA adalah salah satu sekolah menengah industry pariwisata dan berfokus dengan dunia akomodasi perhotelan.
Semua kelas XI AP diwajibkan untuk melakukan training di hotel 3-6 bulan. Kebetulan sekali saya dapat training dihotel Aryaduta Jakarta yang betempat di jl. Prapatan tepatnya di depan patung tugu tani, Jakarta pusat selama 6 bulan. Disana saya mengambil departemen food and beverage service (pelayanan makanan & minuman). Di Aryaduta saya tidak sendiri, disana hanya ada 5 orang mereka adalah windi, robertus, devi, yosi, dan saya sendiri. Setiap dari kami beberapa mengambil departemen yang berbeda.
Disana saya mendapatkan 5 outlet yang berbeda diantaranya banquet service, shima restoran, ambiente restoran, JP bistro restoran & lobby lounge. Disetiap outlet saya banyak belajar dan mendapatkan ilmu yang begitu banyak. Saya juga dapat melatih komunikasi dengan banyak orang asing terutama melatih bahasa inggris dan jepang. Tapi, yang namanya hotel berbintang pasti ngga jauh ama yang namanya hal-hal bersifat positif maupun negative. Saya sendiri hanya bisa mengambil positifnya dan hanya sekedar tahu untuk hal2 yang negative.
Selama saya pkl pastinya ngga jauh2 yang namanya bangun gelap-gelap. Berangkat jam 05 pagi nyampe rumah jam 08 malam bahkan lewat. Saya belum terbiasa melakukan hal seperti itu, tapi apa boleh buat itulah yang harus saya jalani saat itu juga. Capek, macet, panas dijalan itu sudah biasa buat kota Jakarta kecuali weekend. Berangkat naik bus umum yang bener2 padet penumpangnya.
Yaaaa beginilah kehidupan saya nantinya. Tapi saya sadar, selama 6 bulan lamanya melakukan pkl saya belajar arti hidup untuk menyambung hidup. Terkadang saya berfikir suatu saat nanti saya ingin meninggalkan dunia tersebut & dalam diri saya sendiri, saya merencanakan sesuatu yang jauh berbeda dengan cerita diatas. Tapi saya baru merencanakan & memikirkan. Karena setiap orang pasti punya tujuan hidup dan cita-cita yang lebih baik untuk masa depannya…
so, each made a mistake, don’t ever assume you fool yourself. But learn from the mistakes that justification !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar